Menjadi Santri Sukses: Belajar dari KH MA Sahal Mahfudh

Menjadi Santri Sukses: Belajar dari KH MA Sahal Mahfudh

Admin
Sabtu, 21 Oktober 2017


Pati.  Dalam memeriyahkan Hari Santri Nasional Kampus IPMAFA mengadakan bedah buku Biografi Intelektual KH MA Sahal Mahfudh, di Auditorium IPMAFA Pati, Sabtu, 21 Oktober 2017 dalam rangka ikut memeriahkan Hari Santri Nasional 2017.
“Tantangan santri sekarang dan di masa depan sangat kompleks, lebih berat dari zaman sekarang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang meluluhlantakan batas dunia menjadi tantangan serius kaum santri. Kompetisi ekonomi yang semakin massif dan eskalatif menambah tanggungjawab santri dalam melangkah masa depan,”ujar Jamal Makmur
Dalam konteks ini, tidak ada pilihan bagi santri kecuali siap menghadapi tantangan tersebut dengan membekali diri dengan kemampuan - kemampuan besar yang dibutuhkan di masa sekarang dan yang akan datang.
Narasumber Jamal menjelaskan figur KH MA Sahal Mahfudh sangat tepat dijadikan inspirasi santri sekarang untuk melangkah dan mencapai prestasi besar. Kiat-kiat yang dilakukan KH MA Sahal Mahfudh dalam menggapai sukses adalah: Pertama, katsratul muthalaah (banyak membaca). Kedua, katsratul kitabah (banyak menulis) Ketiga, katsratul munadharah (banyak berdiskusi) Keempat, katsratun nidham (banyak berorganisasi) Kelima,katsratur riyadlah (banyak tirakat), seperti shalat tahajjud,makan minum sesuai kebutuhan (tdk berlebih-lebihan), ziarah ke makam Syekh Ahmad Mutamakkin, dll.
Dengan lima langkah ini, santri kaya wawasan dan gagasan, mampu mengartikulasikan pemikan dengan lisan dan tulisan, mampu mengorganisir seluruh kekuatan untuk melakukan transformasi sosial dalam segala aspek kehidupan, dan mempunyai stabilitas emosi dan kematangan spiritual, pungkasnya (N)