5.000 Santri Ramaikan Kirab HSN

5.000 Santri Ramaikan Kirab HSN

Admin
Senin, 23 Oktober 2017


Pati. Perayaan  Kirab Hari Santri Nasional di Pati tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena di sebabkan  diikuti ribuan warga lintas agama. Mereka mulai berjalan dari depan Markas Kodim 0718/Pati di Jalan P Sudirman menuju Alun-alun, Minggu, 22/10.
Jamal Makmur mengatakan, Kirab Hari Santri Nasional di Pati diikuti sekitar 5.000 peserta. Mereka berasal dari santri, aparat kepolisian dan TNI, Gusdurian, hingga umat nonmuslim, dan sebelum kirab berlangsung, tokoh lintas agama membacakan ikrar janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka berjanji bersatu padu tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).
“Kami ingin memanfaatkan momentum Hari Santri Nasional untuk memperteguh nasionalisme dan patriotisme. Karena itu, Hari Santri di Pati melibatkan semua unsur dan elemen masyarakat,” ujar Jamal selaku ketua Panitia
Dia mengajak kepada masyarakat untuk menghindari sentimen keagamaan, etnis dan kelompok tertentu. Sebaliknya, semua elemen masyarakat harus bisa memperteguh kebhinekaan dan menegaskan NKRI harga mati.
Kirab dilanjutkan dengan apel akbar Hari Santri Nasional di Alun-alun Pati dengan inspektur upacara Bupati Pati Haryanto.(n)