Guru Madrasah Kembangkan Penelitian Tindakan Kelas

Guru Madrasah Kembangkan Penelitian Tindakan Kelas

Admin
Sabtu, 20 Mei 2017


Pati. Bertempat di Gedung NU lantai III Pengurus Cabang LP Ma’arif Pati mengadakan diskusi terkait pengembangan Guru Madrasah yang harus mengembangkan Penelitian Tindakan Kelas, sebanyak 60 guru madrasah dari berbagai jenjang mulai MI, MTs. dan MA di wilayah kabupaten Pati yang tergabung dalam LP Ma’arif, acara berlangsung selama sehari penuh antusias mengikuti kegiatan pengembangan diri guru berbasis penelitian tindakan kelas atau PTK, pada  Minggu (14/5).
Kegiatan yang dihelat LP Ma’arif Cabang dibuka langsung oleh Ketua Maarif Drs. H. Moh Anwar, dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa sudah saatnya dunia pendidikan khususnya guru merespon perkembangan teknologi dan meng-upgrade wawasan serta meningkatkan kemampuan dirinya dalam mendidik siswa-siswinya.
“Guru madrasah harus merubah mindset dari pola mengajar tradisional menuju pola digital. Tantangan mewujudkan kompetensi lulusan yang unggul di era global itu ditentukan di ruang kelas,” jelasnya.
Dalam peningkatan kualitas atau mutu pendidikan, jelasnya, bukan hanya siswa yang dievaluasi. Melainkan juga para guru juga harus bisa mengevaluasi diri.
“Karena itu, guru juga harus lebih proaktif meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya. Tujuannya, agar siswa yang akan mewarisi ilmu gurunya tidak monoton. Di lain sisi, guru juga diminta lebih bijak menghadapi siswanya.” ungkapnya.
Lebih lanjut, ia mengajak para  guru agar menemukan masalah pembelajaran apa saja yang ditemui di kelas, mengapa masalah tersebut terjadi dan menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Ia pun menjelaskan penggunaan berbagai metode, alat dan media dalam pembelajaran di dalam kelas mulai dari pemberian contoh, gambar, pembentukan tim, peta pikiran, ivestigasi kelompok, jigsaw, dan lainnya.
            “Saya berharap setelah acara ini usai para guru yang ikut bisa mempraktikkannya di sekolah masing-masing,”pungkas Mustagfirin selaku sekretaris cabang LP Ma’arif NU.(red)