Ujian Kenaikan Tingkatan Pagar Nusa Gabus

Ujian Kenaikan Tingkatan Pagar Nusa Gabus

Admin
Kamis, 06 April 2017


Pati. Jajaran Pengurus Pagar Nusa Kec Gabus mengadakan ujian Kenaikan Tingkatanb bertempat di Madrasah Abadiyah  Gabus. Pada Selasa- Rabu (28-29/3) hal tersebut dilakukan agar bisa mengetahui kemampuan para siswa dalam menyerap ilmu selama pelatihan.
            Pada kesempatan itu, Ketua PAC  Pagar Nusa Ust. Ahmad Qusyairi membuka secara resmi dan sedikit menjelaskan perihal apa itu Pagar Nusa. Karena Pencak Silat Pagar Nusa bukan semata untuk Bela Diri, Mencari kekuatan atau dekengan atau teman dan lain sebagainya.
“Pagar Nusa sebenarnya adalah untuk melestarikan budaya Pencak Silat yang ada di Indonesia,dari sabang sampai merauke yang berkembang di Lingkungan Nahdliyin, ini di buktikan dengan salam dan rangkaian senam Jurus Dasar, Menengah Pertama dan Menengah atas(SD, SMP dan SMA) yang dalam pembuatannya mengundang tokoh dari seluruh tokoh pencak silat tradisional.”jelas Qusyairi
Lanjut Qusyairi, selain itu Pagar Nusa sebagai media Silaturahmi antar warga Nahdliyin, sebagai media dakwah agama Islam dan Ahlussunnah Wal Jamaah dan sebagai media pendidikan budaya pencak silat, memperkuat paham ahlussunnah wal jamaah, ke-Nahdlatul Ulama-an dan sarana Olahraga. Bukan semata untuk belajar bela diri saja.
Kurang lebih 50 peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat, mulai dari tingkat dasar, menengah dan atas, mereka penuh antusias dan bersemangat. Dengan adanya tes kenaikan tingkat ini mampu memilah dan memilih mana siswa yang serius belajar Pencak Silat Pagar Nusa dan mana yang hanya asal-asalan saja, tandas Jono selaku ketua panitia dalam acara tersebut.(red)