TABLIGH, DAKWAH BI-LISAN

TABLIGH, DAKWAH BI-LISAN

Admin
Jumat, 07 April 2017


Pati.  Panti Asuhan Darul Hadlanah Desas Waturoyo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati mengadakan acara pelatihan tabligh kepada para santrinya. Selain dilatih para santri diberi motivasi agar mereka bisa dakwah bi-lisan ketika sudah berbaur dengan masyarakat luas.
            Pelatihan tabligh ini sie Pendidikan Darul Hadlanah mengangkat tema, yang sekiranya mampu menjawab problem  yang saat ini ada, “Pemuda Pondasi Kebangkitan Bangsa” jika diberi tema maka para santri bisa lebih terarah dalam menyampaikan isi materi.
            Dalam paparannya, Siti Asyiah selaku Ibu Pengasuh mengemukakan, kita tidak tahu anak-anak santri kedepannya akan menjadi apa ketika sudah berada di masyarakat, harapan kami ketika masih belajar mereka dibekali ilmu-ilmu yang sekiranya bisa bermanfaat di kemudian hari. Melalui acara tabligh seperti ini kita akan mengetahui bakat para santri, jika memang ada salah satu santri yang berbakat dalam dakwah bi-lisan maka kami akan memberikan pelatihan khusus dengan mendatangkan da’i-da’i terkemuka di Kabupaten ini.
            “Seorang da’i yang hebat dan mampu memberikan pencerah terhadap para jamaahnya dimulai dengan latihan sedini mungkin dan perbanyak membaca keadaan sekitar dan terus mengikuti perkembangan zaman, sehingga apa yang disampaikan tidak membosankan bagi yang mendengarnya,” ujar Istri Andi Irawan
            Selain itu, para santri harus mampu menguasahi dirinya sendiri, tidak minder dan takut, harus percaya diri ketika berbicara didepan orang banyak, untuk mengatasi minder dan grogi didepan umum yaitu dengan berlatih terus menerus berbicara di depan orang banyak, salah satunya yaitu dengan acara tabligh seperti ini.
            “Pada akhir tahun nanti kami dari Darul Hadlanah akan mengadakan lomba tabligh antar kamar, yang bertujuan untuk mencari bakat-bakat santri yang terpendam dalam dakwah bi-lisan,”harapnya.(red)