Pengajian Maulidur Rosul

Pengajian Maulidur Rosul

Admin
Rabu, 01 Maret 2017


Pati. Darul Hadlanah melalui kepanitiaan Maulidiyah menggelar pengajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad, yang merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya, dengan pembicara Ibu Mu’amaroh, beberapa waktu lalu.
            Sebelumnya ada banyak serangkain acara untuk ikut memeriyahkan maulidur rosul, diantaranya lomba pidato Bahasa Arab, Bahasa Ingris, dan Bahasa Jawa serta khitobah hal ini mempersiapkan mental santri agar nanti di masyarakat tidak canggung atau takut berhadapan dengan realitas kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya.
            “Kami dari pengasuh mempunyai tanggung jawab yang amat besar untuk mempersipkan para santri Darul Hadlanah mampu menghadapi segala hal ketika berada di masyarakat, karena berada di lingkungan masyarakat itu beraneka ragam, dan watak kepribdiannya, jadi kami dari pengasuh dan pengurus harus bisa mempersiapkan itu semua,”jelas M. Andi Irawan.
            Ketua YKM NU Pati, Dra. Hj. Nafitsah Sahal, menjelaskan,”seorang santri itu harus multitalenta dan ngemong umat, karena masyarakat kita ini membutuhkan pengemong, selain itu santri Darul Hadlanah ini harus mampu meniru akhlak Nabi Muhammad SAW, dalam bermasyarakat, berdakwah dan menyebarkan kebaikan kepada selurum mahluk Allah,”
            Dalam Mauidloh Hasanahnya, Ibu Mu’amaroh banyak memberikan motivasi kepada para santri bahwa kesuksesan milik semua orang, bahkan anak-anak yang sekarang tinggal di Darul Hadlanah dengan kondisi yatim ataupun dluafa’ bukan tak mungkin akan meraup pundi-pundi kesuksesan dihari esok. Namun untuk menggapai semua itu harus diikuti niat secara lahiriyah dan batiniyah dalam belajar, yaitu dengan niat belajar dalam rangka mengharap ridlo Allah Swt dan juga menghilangkan kebodohan. Diakhir Mauidlohnya beliau berpesan,”Kalau burung terbang tinggi dengan kedua sayapnya maka manusia akan terbang tinggi menggapai impiannya dengan ilmu dan Akhlaqul Karimahnya.”(Red)