Petani Harus Mandiri

Petani Harus Mandiri

Admin
Kamis, 21 April 2016

Pati. Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Margorejo mengadakan diskusi bersama dengan Pengurus Cabang NU Pati perihal pemahaman pembuatan pupuk organik agar para petani bisa mandiri dan menambah nilai jual ketika panen. Karena wilayah Margorejo   kebanyakan masyarakatnya menggantungkan mata pencariannya dari menanam ketela dan jagung. Diskusi bertempat di Ponpes Al-Akrom Pati Banyuurip Margorejo Pati (09/04)
            “Bertani adalah mata pencarian utama buat warga Nahdliyin di kecamatan ini,  akan tetapi kami  seringkali merugi karena biayanya habis di pupuk dan perawatan lainnya. Maka dari itu selain bertani kami juga  memiliki sampingan yaitu dengan berternak lembu atau kambing.   Hal itu kami lakukan karena pakan buat ternak, baik rumput dan daun-daunan melimpah,”jelas Mahfudz sekretaris MWC NU
            Menanggapi hal tersebut Yusuf Hasyim selaku sekretaris NU Pati mengemukakan,” Sudah saatnya para petani mandiri, tidak tergantung dengan pupuk buatan pabrik, karena pupuk organik kita sendiri bisa membuatnya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berada disekeliling kita. Semisal dengan menggunakan kotoran lembu untuk pembuatan pupuk organik; apabila para petani sadar akan hal itu maka tidak akan tergantung lagi dengan pupuk buatan pabrik.
            Tambah Yusuf tentang pembekalan dan cara membuat pupuk organik bisa berkoordinasi dengan Lembaga Pertanian Nahdlatul Ulama Pati.  Dengan pemanfaatan lembaga-lembaga Nahdlatul Ulama maka para petani akan bisa mandari.(Nic)