LAKPESDAM NU Pati Berikan Percontohan Vertikultur

LAKPESDAM NU Pati Berikan Percontohan Vertikultur

Admin
Jumat, 29 Januari 2016


Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia NU Pati melakukan pendampingan di Panti Asuhan Darul Hadlanah Desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, Rabu (27/1).
Kegiatan ini merupakan program dari divisi lingkungan yang konsen dalam bentuk pendampingan di bidang pemberdayaan seperti daur ulang sampah, tanaman vertikultur, holtikultur dan penghijuan. Pada kegiatan ini misalnya, Lakpesdam melakukan kegiatan dalam bentuk pendampingan vertikultur. Program ini dilakukan untuk memberikan kesadran terhadap lembaga-lembaga yang terkait baik pesantren, sekolah maupun instansi lainnya. Karena mengingat berkebun atau bertani tidak harus memerlukan lahan luas, akan tetapi cukup memanfaatkan halaman atau pekarangan sempit, untuk digunakan dalam penanam vertikultur, terang Siswanto selaku Koordinator Divisi Litbang.
“Ia menambahkan bahwa dalam melakukan tanaman vertikultur ini, media yang diperlukan cukup sederhana yakni memanfaatkan bungkus minyak goreng, pupuk kandang atau kotoraan hewan, tanah dan sekap.”
Selain itu, lanjut Siswanto dipilihnya lokasi di Panti Asuhan Darul Hadlanah, karena letaknya  strategis dan berdektan dengan pesantren dan lembaga sekolah. Sehingga dengan pilihan dilokasi tersebut, harapannya bisa menginspirasi lembaga-lembaga pesantren untuk melakukan budidaya tanaman vertikultur.
 Adapun dari pihak Panti Asuhan Darul Hadlanah sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan ini, karena selain para santri bisa belajar untuk budidaya tanaman vertikultur serta menumbuhkan minat santri dalam bercocok tanam, terang Drs. Hj. Nafisah Sahal selaku penasehat Panti Asuhan Darul Hadlanah.(Am)