PROFIL PONPES SHOFA AZZAHRO’ GEMBONG-PATI

PROFIL PONPES SHOFA AZZAHRO’ GEMBONG-PATI

Admin
Jumat, 11 Desember 2015

Pondok Pesantren Shofa Azzahro’ (PPSA) merupakan Ponpes putra-putri Modern yang terletak di Desa Gembong, Kec. Gembong, Kabupaten Pati, didirikan oleh KH. Imam Shofwan dan Hj. Fatimah Azzahro’. Pendirian pesantren ini, pada hakikatnya dilandasi oleh tanggung jawab sosial sebagai anggota masyarakat untuk membina dan mendidik generasi muda dalam mempelajari, memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam yang lurus. Mengingat, saat ini semakin banyak lingkungan di sekitar kita yang tumbuh subur perilaku-perilaku yang melanggar syariat (tidak terpuji).
Selain itu, seiring dengan perkembangan era digital, PP Shofa Azzahro’ (PPSA) juga membekali para santri supaya memiliki bermacam-macam keahlian, yaitu memadukan pendidikan agama, skill dan penguatan kepribadian. Tujuannya, menjadikanout put santri PPSA menjadi calon-calon Ulama’, Da’i/Da’iyah, pemimpin, pendidik atauentrepreuner yang disiplin, berwawasan luas, kreatif, profesional dan berakhlaqul karimah.
PP Shofa Azzahro’ (PPSA) sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 1990an, hanya saja masih bersifat informal. Seiring berjalannya waktu, PPSA semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, pada tanggal 10 Maret 2009 PPSA memperoleh ijin operasional dari Kementerian Agama (Kemenag) dengan nomor piagam: Kd.11.18/5/PP.00. 71785/2009.
Di tahun 2015 ini, PP Shofa Azzahro’ membuka program khusus terpadu lantaran telah rampungnya infrastruktur utama berupa gedung megah (3 lantai) senilai 5,1 M (Rp. 5.196.000.000,00) di lahan wakaf dari KH. Nur Kholid Margerojo Pati, proyek besar itu guna mewujudkan Ponpes yang berkualitas dan sehat. Pada tahun ajaran baru ini, Program Terpadu Ponpes Shofa Azzahro’ menerima calon santri putra dan putri yang akan masuk jenjang MI (akreditasi A), MTs (akreditasi A), dan MA serta SMK (Akreditasi B).
Nilai tambah dari Ponpes Shofa Azzahro adalah secara geografis Ponpes Shofa Azzahro berada di lereng Gunung Muria Colo Kudus (Sunan Muria), atau tepatnya berada di Kecamatan Gembong (10 menit perjalanan dari Gembong sampai ke Muria ) sehingga keadaan alamnya masih asri, tenang, dan air mudah didapatkan. Letak Ponpes Shofa Azzahro yang berada di pedesaan juga menjadi nilai tambah, lantaran jauh dari keramaain (seperti mall, pusat hiburan, dan lain-lain) dan polusi udara maupun suara. Keadaan demikian tentu akan membuat suasana menjadi kondusif bagi tempat tinggal para santri untuk belajar atau menimba ilmu.
Pendidikan skill yang diberikan oleh Pondok Pesantren Shofa Azzahro' bertujuan untuk mempersiapkan para santriwan-santriwati untuk bersaing di dunia global. Ada beberapa Pelatihan yaitu, Kelas Komputer, Melatih penguasaan teknologi, Entrepreneur, Mendidik kemadirian santri, Kelas Jurnalistik, Melatih kesadaran menulis santri, Public Speaking,Modal menjadi Pemimpin/Da’i
       Lembaga dan unit kegiatan Pondok Pesantren Shofa Azzahro' bertujuan untuk memberi ruang para santriwan-santriwati untuk mengembangkan diri berdasarkan bakat dan minat yang dimiliki. Selain itu, dua lembaga seperti Lembaga Kesehatan Reproduksi Shofa Azzahro' dan Lembaga Anti Bullying Shofa Azzahro' adalah sebuah pembaharuan di dunia pesantren sebagai upaya untuk melatih para santri hidup sehat dan hidup bebas kekerasan (fisik maupun psikis).
            Sedangkan untuk kegiatan tambahan di Pondok Pesantren Shofa Azzahro’ dianataranya,
Pengabdian Masyarakat, Lembaga Bahasa Asing, baik Bahasa Inggris dan Arab, Lembaga Anti Bullying, Mencegah kekerasan, Kesenian yaitu Silat, Qiro’, Marching Band, Sport Community(Wadah Bakat/Minat Olahraga). Ada pun Pondok Pesantren Shofa Azzahro beralamat
Di Sekretariat Ponpes Shofa Azzahro’ D/A: Kediaman KH. Imam Shofwan/Hj. Fatimah Azzahro’, Rt/Rw 04/02 Desa. Gembong. Sebelah Barat Masjid Besar Baitul Muttaqin Kec. Gembong/belakang Kantor Kecamatan Gembong.(Red, Ni)