Yayasan Kesejahteraan Muslimat (YKM) NU Jateng Apresiasi Darul Hadlanah

Yayasan Kesejahteraan Muslimat (YKM) NU Jateng Apresiasi Darul Hadlanah

Admin
Sabtu, 21 November 2015


Bertepatan dengan tahun baru Hijriyah Panti Asuhan Darul Hadlanah yang berada di desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, kedatangan tim monitoring dan evaluasi dari pimpinan Muslimat NU Jawa tengah, Sabtu, (17/10).
Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui program kerja dan kegiatan yang ada di Panti Asuhan Darul Hadlanah, mulai dari aspek pendidikan, ketrampilan, sistem pembelajaran, administrasi serta kegiatan lainnya yang menunjang anak dalam dunia akademik.
Menurut Ibu Masruroh selaku perwakilan dari Muslimat NU Jateng menjelaskan, saat memberikan penilaian terkait kegiatan yang ada di Panti Asuhan Darul Hadlanah, beliau sangat terkesan dan mengapresiasi semua kegiatan yang ada di dalamnya, mulai dari sistem pembelajaran dan kegiatannya sangat memuaskan.
Ia “menambahkan bahwa baru kali ini dia melihat ada Panti Asuhan yang mempunyai perpustakaan yang memadai serta  sistem laporan administrasi lengkap dan detail. Dan belum lagi ditambah sistem pembelajaran yang menerapkan ala pesantren yang setiap harinya mengadakan kegiatan pengajian kitab kuning.  Beliau juga sangat mengapresiasi karya anak-anak Darul Hadlanah yang  kreatif dan inovatif dalam membuat bulletin Allafa serta ketrampilan daur ulang sampah, ini bener-bener sangat menginspirasi bagi kami bersama,” tambahnya.
Selain itu, menurut Dra, Hj. Nafisah Sahal Mahfudz  selaku ketua Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU Pati dan Dewan Penasehat Panti Asuhan Darul Hadlanah mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan Darul Hadlanah adalah rasa gotong royong dan sinergi antara pengurus dan pengasuh dalam mendidik anak dengan baik.
Selain itu dalam sistem pendidikan, dari kami mengambil kebijakan untuk di fokuskan jadi satu jenis lembaga sekolah, karena kalau tidak sama jenis sekolahnya, maka sistem pembelajaran dan jam kegiatan sangat berpengaruh dalam psikologi anak. Ambil contoh saat musim sekolah libur, maka dari pengasuh beserta pengurus kebingungan dalam mengatur jadwal kegiatan. Sehingga dengan di fokuskan lembaga sekolah sangat membantu pengasuh dalam mendidika anak-anak Panti Asuhan Darul Hadlanah.
Ke depan harapannya dengan adanya monev dari muslimat NU Jateng, Panti Asuhan Darul Hadlanah tetap eksis dan terus berkembang dalam mendidik anak-anak.   
 Program yang menjadi nilai lebih yaitu program pengajian kitab kuning, Program keterampilan, seperti rebana, jurnalistik, menyulam kerudung, bros, menjahit, memanfaatkan sampah menjadi keterampilan, memasak, membuat jajan, dan ternak ayam. Pengadaan Perpustakaan dan penerbitan Buletin Allafa. Saat ini jumlah buku yang ada sudah kurang lebih 1200 Buku. Panti di desain dengan konsep Pesantren. Ada kepengurusan santri yang aktif dan mandiri dalam ,kegiatan. Kondisi administrasi yang baik, tertib dan rapi, terang Pengasuh Darul  Hadlanah R. Andi Irawan.(sis)