NU - Pemkab Pati Mengadakan Sholat Istisqo’

NU - Pemkab Pati Mengadakan Sholat Istisqo’

Admin
Jumat, 13 November 2015


Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Pati membuat krisis air di Bumi Mina Tani semakin parah. Kecamatan Pati yang selama ini jarang terkena imbas kekeringan, tahun ini juga terkena dampaknya. Kondisi ini membuat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama dengan Pemerintah Kabupaten Pati bersama warga Pati  melakukan sholat Istisqo’ di alun-alun Pati,Senin (9/11/205) kemarin.
“Kami sangat prihatin dengan sebagian besar warga Pati telah mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih, padahal air bersih adalah kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan keadaan yang seperti kami dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Pati dengan Pemerintah Kabupaten mengadakan sholat Istisqo’ perkawedanan, pertama yaitu Pati Kota yang bertempat di alun-alun, selanjutnya alun-alun Tayu, Alun-alun Kayen, Lapangan Sepak Bola Sleko dan yang terakhir alun-alun Juwana,”ujar Ali Munfaat, Ketua PCNU Pati.
Bertindak sebagai khotib KH M. Aniq Muhammadun (Rois syariah PCNU Pati) dan sebagai Imam KH. Abdul Mun’im Pengasuh PP Al- Ikhlas Pati Kota.
Pada hari ini, dibawah panasnya terik matahari, ketika datang peringatan Allah berupa kekeringan yang berkepanjangan, kita bersama  berkumpul ditempat ini guna menunaikan sholat istisqo’, seluruh kita baik yang tua maupun yang muda,  laki-laki maupun perempuan, miskin maupun kaya, besar maupun kecil, dari kalangan pejabat ataupun rakyat bersimpuh dihadapan Alloh untuk mengikrarkan taubat kepada Allah dan memohon ampunan dan kasih sayang Nya. Marilah kita introspeksi diri atas segala amal perbuatan kita, marilah kita berhenti dari segala perbuatan dosa. Marilah kita buang kesombongan dan keangkuhan yang telah membuat kita abai dari perintah-perintah Allah. Sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun dan Penyayang, jelas KH. M. Aniq Muhammadun dalam khotbahnya.
“Peserta salat istisqa sedikitnya ada 1000 an lebih terdiri dari warga  Kecamatan Pati Kota dari kepala desa dan perangkatnya, pemerintah daerah (pemda), warga NU dan badan otonomnya, serta anak-anak sekolah menengah atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) yang mengikuti salat istisqa. Mereka berharap agar musim penghujan segera tiba, sehingga kawasan Pati Kota tak lagi kekeringan.,” ujar Baharudin, Ketua Panitia Salat Istisqa dari LKK PCNU.