Membina keluarga SAMAWA

Membina keluarga SAMAWA

Admin
Kamis, 19 November 2015

Dalam hubungan suami istri tidak luput dari permasalahan-permasalahan. Dan itu tidak hanya terjadi satu atau dua kali tetapi berulang-ulang dan dalam permasalahan yang sama. Yang seringkali menjadi persoalan adalah apa yang dulu pernah dipeributkan pada saat sebelum menikah itu akan muncul kembali pada saat sudah menikah. Hal ini disebabkan kemungkinan belum adanya penyelesaian dengan sungguh-sungguh atau tuntas terhadap permasalahan tersebut. Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh karakter seseorang yang berbeda satu dengan yang lain. Elia Daryati adalah seorang yang mengkisahkan perjalanan hidupnya yang di kombinasikan Anna Farida seorang pakar Psikolog, melalui bukunya yang bertajuk Marriage With Heart; Hidup Bersama, Bahagia Bermakna. Itu menawarkan sebuah solusi tentang problematika rumah tangga.
Dalam buku ini seperti membaca jawaban-jawaban dari curhatan kebanyakan orang pada umumnya. Bahwa masalah dalam rumah tangga itu tidak hanya seputar urusan ranjang saja, tapi ternyata ada banyak hal lain yang mungkin luput dari pengamatan kita. Misalnya, dalam hubungan antara mertua dan menantu yang tak harmonis, mungkin jadi salah satu yang sering kita lihat memicu retaknya sebuah ikatan perkawinan.
Di dalam bukunya Elia Daryati dan Anna Farida ini ada masalah yang masih banyak dalam hal berumah tangga misalnya merasa tak berguna karena “hanya” menjadi ibu rumah tangga? Atau, pasangan Anda kecanduan media sosial bahkan CLBK dengan mantannya? Atau merasa punya kesenjangan ekonomi dengan pasangan, merasa seperti ATM yang bisa selalu keluar uang? walaupun kelihatannya sepele, tapi jika berlarut-larut, bisa bikin hubungan dengan pasangan makin kusut.
Lewat buku Marriage With Heart ini banyak cerita yang dapat kita ambil hikmahnya, dan macam-macam problem solving rumah tangga, bagaimana cara membangun rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Buku ini disampaikan dengan bahasa yang ringan dan lugas sehingga mudah dicerna. Isinya tidak seperti buku-buku pernikahan kebanyakan, yang biasanya mengulas secara kaku  tentang hak dan kewajiban suami istri dalam pandangan agama, lengkap dengan hukum fiqih dan dalil-dalilnya. Walaupun penulisnya adalah muslimah, Marriage With heart tidak hanya diperuntukkan untuk orang Islam saja. Bahasanya universal, dan bisa diaplikasikan oleh pemeluk agama apapun. (Muhammad Ja’far Amirm, Mahasiswa  PMI IPMAFA)
 

Judul buku      : Marriage With Heart
Penulis             : Elia Daryati & Anna Farida
Penerbit           : Kaifa
Tebal               : xxv + 204 h
Cetakan           : Juli 2015
ISBN               : 978-602-0851-12-9
Peresensi         : Muhammad Ja’far Amirm, Mahasiswa  PMI IPMAFA