Dari Pena Menuju Pentas Dunia

Dari Pena Menuju Pentas Dunia

Admin
Sabtu, 21 November 2015


Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU Pati bekerjasama dengan Lembaga Kajian Ekonomi dan Sosial Masyarakat (Lennsa) Jawa Tengah mengadakan pelatihan jurnalistik dengan tema “Dari Pena Menuju Pentas Dunia” di gedung LPBA Kajen Kecamatan Margoyoso Pati, pada Kamis (17/9)
Dalam sambutannya ketua Lennsa Ahmad Fitri,”Kegiatan ini adalah upaya memunculkan penulis handal, seperti KH Mustofa Bisri, KH Sahal Mahfudz serta tokoh NU lainnya dan peserta yang hadir disini rata-rata di sekolahnya atau pesantrennya sudah memiliki majalah; dengan harapan ketika sudah pulang dari pelatihan ini mampu mengembangkan majalahnya masing-masing.”ujarnya.
Ketua Lakpesdam sekaligus menjadi pemateri artikel dan opini mengemukakan,” acara ini adalah program dari Devisi Kajian Dan Penerbitan selain menerbitkan jurnal juga mengadakan seminar dan pelatihan dan harapannya para peserta bisa mengaplikasikan tulisannya untuk di kirim ke media massa agar bakat dari menulis dapat.”tandasnya.
Selain itu R. Andi Irawan mengemukakan apabila nantinya setelah pelatihan ini akan dibentuk sebuah komunitas yang akan menjalin komunikasi antar peserta sehingga paska pelatihan ada kegiatan berkelanjutan.
 Kegiatan ini diikuti sekitar 50 pelajar SMA sederajat dan santri Se Kab Pati. Para peserta dibekali bagaimana cara menulis artikel, cerpen, puisi, dan berita di media massa sesuai kaidah dan etikanya. Tiga narasumber yang mengisi acara pelatihan training jurnalistik tersebut yang sesuai bidangnnya. Artikel dan opini oleh Ratna Andi Irawan, berita oleh M. Iqbal Dawami dan cerpen dan puisi oleh Niam At-Majha.
Ali Mahmudi, M.Pd yang mewakili dari PCNU dalam sambutannya mengemukakan apabila menulis itu harus sabar dan telaten, dan saya bangga dengan Lakpesdam NU Pati yang telah mengadakan acara ini.
Pada akhir acara maka terbentuklah sebuah komunitas di media sosial dengan nama “Nahdlatul Ulama' Literacy Student”(NULIS) merupakan organisasi Lintas Pelajar yang konsen dibidang jurnalistik dan memiliki visi "Terbinanya insan jurnalis yang memiliki kemampuan akademis pencipta pengabdi dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah Swt."(ni)