Training of Trainer Pusat Informasi dan Konseling Remaja CAH PATI PC IPNU IPPNU Kabupaten PATI

Training of Trainer Pusat Informasi dan Konseling Remaja CAH PATI PC IPNU IPPNU Kabupaten PATI

Admin
Sabtu, 10 Oktober 2015


Kegiatan yang berjudul Training of Trainer bagi anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) Cah Pati diselenggarakan oleh PIK Remaja Cah Pati PC IPNU IPPNU Kabupaten Pati pada tanggal 19-20 September 2015 di Gedung NU Pati. Kegiatan ini didukung oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Pati dan bekerjasama dengan Aliansi Remaja Independen Pati sebagai tim fasilitator, yaitu sebuah organisasi remaja yang mempunyai kepedulian terhadap remaja dalam bidang Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi, Pendidikan dan Ketenagakerjaan. Kegiatan ini diselenggarakan karena berangkat dari banyaknya permasalahan remaja terkait Seksualitas, Napza dan HIV AIDS.
Bahwa ternyata sudah banyak permasalahan remaja di sekitar kita khususnya di Kabupaten Pati. Misalnya saja, adanya remaja yang sudah terkena HIV AIDS. Dari data Dinas Kesehatan bahwa dari tahun 1996 sampai Maret 2015, ditemukan kasus 736 yang sudah terkena HIV AIDS dan 103 sudah meninggal. Dari data tersebut, bahwa setiap kecamatan sudah ada angka kasu HIV AIDS dan diketemukan adanya 47 remaja berusia 15-24 tahun yang sudah terkena HIV AIDS. Artinya, perlu adanya pendidikan secara intensif kepada remaja.
PIK Remaja Cah Pati mempunyai visi dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer untuk remaja di lingkup PC IPNU IPPNU Kabupaten Pati. Harapannya, pasca kegiatan ini, peserta akan menjadi trainer maupun pendidik sebaya dan konselor sebaya kepada remaja lainnya. Selain itu, kader remaja IPNU IPPNU diharapkan dapat berkontribusi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan remaja di wilayahnya masing-masing.
“Dalam kegiatan ini, beberapa materi yang dibahas yaitu Program Genre, Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) , Pendewasaan Usia Perkawinan, 8 Fungsi Keluarga, HIV AIDS, Napza, Peran Remaja dalam Pemetaan Permasalahan HKSR, dan Teknik Fasilitasi. Selain itu, ada simulasi dan games dari tiap peserta dalam mensosialisasikan materi yang terkait dengan remaja agar peserta terbiasa menjadi trainer, pendidik sebaya dan konselor sebaya di wilayahnya masing-masing. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah adanya kegiatan bagi remaja yang secara intensif dilakukan di tiap-tiap wilayah yang akan difasilitasi oleh tim fasilitator hasil kegiatan TOT PIK Remaja Cah Pati PC IPNU IPPNU Kabupaten Pati.”ujar Widyanita Anggar V selaku Kordinator PIK-R Cah Pati.
“Harapan saya acaranya ini bukan hanya ceremonial saja akan tetapi di tindaklanjuti dengan kerja nyata.”jelas Dr. Achmad Choiron dalam sambutannya mewakili PCNU Pati. (Pati Pos 2/10/15)