PENGUATAN KADER, PENDIDIK SEBAYA (LELAKI BERESIKO TINGGI DAN PEKERJA SEKS) HIV&AIDS.

PENGUATAN KADER, PENDIDIK SEBAYA (LELAKI BERESIKO TINGGI DAN PEKERJA SEKS) HIV&AIDS.

Admin
Selasa, 27 Oktober 2015


Peran dan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan Progam Pencegahan dan Penanggulangan  HIV& AIDS di Kabupaten Pati secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative yang berkesinambungan dapat mempertajam kepekaan dan tindakan terhadap kasus HIV-AIDS sejak dini oleh masyarakat .
Menindaklanjuti hal tersebut diatas KPA Kabupaten Pati mengoptimalkan  koordinasi  penguatan progam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS KPA Kab. Pati dengan Kader ,Pendidik Sebaya untuk Pelanggan dan Pekerja Seks yang ada diwilayah Kab. Pati   sebagai upaya untuk peningkatkan pelaksanaan progam pencegahan dan penanggulangan HIV & AIDS di Kabupaten Pati dengan difasilitatori oleh SSR NU Fatayat II Jateng dan Lembaga Cakrawala,jelas Adiningtyas Prima selaku panitia pelaksana.
Adapun kader yang terlibat dari unsure  PIKM tingkat Kecamatan, yaitu PAC Fatayat dari Juwana, Tayu, Margorejo, Gabus), dan Pusat Informasi Konseling dari kader NU, Lelaki Beresiko Tinggi (LBT), Waria, Paguyuban lokalisasi dan Pekerja Seks, Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Rumah Matahari. Dengan penguatan Kader dan Pendidik Sebaya akan bisa mempercepat peningkatan informasi tentang HIV & AIDS di masyarakat dan kelompok resiko tinggi. Dan akan lebih memasyarakatnya informasi tentang konseling dan test HIV di masyarakat karena hal ini masih menjadi tantangan dalam menekan laju penularan HIV di masyarakat.(ni')