PCNU Pati Hadir Dalam Acara Haul Pendiri Yayasan Tarbiyatul Banin

PCNU Pati Hadir Dalam Acara Haul Pendiri Yayasan Tarbiyatul Banin

Admin
Jumat, 29 Mei 2015


Kabar NU. Winong Kamis malam 28 Mei 2015. Ketua Tanfidziyah Pengurus  Cabang Nahdlatul Ulama Drs. H. Ali Munfaat, MP.d dan Ketua Lakpesdam PCNU Pati Ratna Andi Irawan, ikut hadir dalam acara Pengajian Akbar sebagai rangkaian acara Harlah Ke 85 dan Haul Pendiri Yayasan Tarbiyatul Banin serta Haflah Akhirissanah. Acara yang diselenggarakan selama 4 hari sejak 25 - 28 Mei 2015 dengan rangkaian kegiatan antara lain Ziarah dan Tahlil ke Makam Para Pendiri, Khotmil Qur'an, Gema Sholawat Simtuthduror, Banin Expo, Batik Fair, Book Fair, Festival Rebana Pelajar se Kawedanan Jakenan, Pentas Seni dan Kreatifitas siswa-siswi dan ditutup dengan Pengajian Akbar.
Kurang lebih satu jam setengah, ketua Yayasan Tarbiyatul Banin, K. Zawawi Hamim menjelaskan tentang perkembangan pendidikan di Madrasah Tarbiyatul Banin yang berdiri sejak tahun 1930 M dan capaian prestasi anak didiknya serta sekilas tentang guru-guru yang dengan ikhlas mengajar tanpa kenal lelah.
            “Yang berbeda dengan pengurus di lembaga lain yaitu kalau pengurus disini tanpa dibayar sepeser pun, mereka para pengurus mengabdi dengan ikhlas untuk kemajuan Pendidikan Tarbiyatul Banin dan Desa Pekalongan Kec Winong Kab Pati.”jelasnya.
            “Meskipun sekolah ini bukan Kejuruan akan tetapi alhamdullah sudah mempunyai beberapa keahlian antara lain menjahit, komputer, otomotif, dan membatik melalui Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKs) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kab. Pati. Untuk saat ini dari madrasah kami telah meluluskan ratusan anak didik yang siap bekerja dan terjun di masyarakat.”tambah ketua Yayasan dengan penuh semangat. Sampai saat ini Yayasan Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati telah mengelola unit pendidikan mulai dari PAUD, RA, MI, MTs, MA, LPKs, Madin, Ponpes, Program Tahfidhul Qur'an dan juga Koperasi madrasah.

            Setelah penjelasan yang panjang lebar. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua PCNU Kab Pati Drs. H. Ali Munfaat,Mpd.
            “Saya juga alumni sini, kalau tidak salah pada tahun 70-an, pada waktu sekolah ini masih berdinding gedek, anyaman bambu; namun sekarang perkembagannya sungguh luar biasa, sudah bertingkatd dan saya terima kasih sekali karena dala Tarbiyatul Banin ini masih berpegang teguh dengan ahlussunah waljamaah.”ungkap Drs.H. Ali Munfaat. Lebih lanjut pak Ali berpesan kepada para wali santri dan mutakhorijin Tarbiyatul Banin untuk berhati-hati ketika melanjutkan sekolah atau kuliah. meskipun di Tarb. banin sudah dibekali dengan ilmu agama yang kuat dan aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah, namun orang tua jangan sampai lengah untuk terus mengawasi putra putrinya. karena dewasa ini telah banyak berkembang aliran-aliran dan faham-faham yang menyesatkan yang menanamkan radikalisme dan terorisme di masyarakat.
Acara pengajian akbar diakhiri dengan mauidhoh khasanah dari KH. Dr. Fadlolan Musyafa’, Lc, MA (Katib Syuriyah PWNU Jawa Tengah dan Dosen UIN Walisongo Semarang). Sebelumnya terlebih dahulu H. Haryanto, SH, MM, M.Si (Bupati Pati) menyampaikan kata sambutan dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada guru-guru madrasah yang dengan penuh keikhlasan telah membantu pemerintah daerah mengentaskan kebodohan melalui pendidikan.(Ni)