
أما بعد...
Ma’asyiral Muslimin Jama’ah Jum’ah Rahimakumullah
Manusia diciptakan oleh Gusti Allah Ta'ala terdiri dari
jasad dan ruh. Jasad manusia dapat beraktifitas dengan baik serta mampu
mewujudkan apa yang diinginkan melalui adanya ruh.
Seandainya didalam jasad manusia tidak terdapat ruh, maka keberadaan jasad tidak akan berfungsi, sama persis dengan ketiadaannya. Begitupun agama Islam, ia bagaikan elemen manusia; terdiri dari jasad dan ruh.
Seandainya didalam jasad manusia tidak terdapat ruh, maka keberadaan jasad tidak akan berfungsi, sama persis dengan ketiadaannya. Begitupun agama Islam, ia bagaikan elemen manusia; terdiri dari jasad dan ruh.
Jasad agama Islam adalah yang terkandung disemua kumpulan
syari'at, baik yang berkaitan dengan segala perintah, larangan, akhlaq, adab
yang diperintahkan oleh Allah Azza wa Jalla melalui syari'at tersebut. Jasad
agama Islam adalah amalan-amalan yang ditunaikan oleh pemeluknya baik itu
perkara wajib, sunnah, makhruh dan harom. Adapun ruh Islam adalah ikhlas (dalam
melakukan semua itu) hanya untuk mengharap ridlo Allah SubhanaHu wa Ta'ala.
Ketika Ikhlas (sebagai ruh yang muncul dari hati) sirna, maka amalan yang
dilakukan oleh manusia bagai jasad tanpa ruh, yang tidak dapat bergerak dan
tidak memiliki manfa'at dari jasad tersebut.
Barangkali butuh penjelasan secara rinci, sehingga kita
tidak tertipu dengan amal lahiriyyah yang pada akhirnya mengesampingkan ruh
amal yaitu ikhlas. Begitu banyak kita jumpai seseorang telah mendirikan sholat,
bersemangat dalam mengamalkan ajaran agama, mengikuti acara-acara keagamaan,
namun amalan-amalan baik tersebut belum mampu merubah kepribadian. Perkara yang
dilarang oleh agama masih diterjang, hawa nafsu masih menguasai diri. Tidak
lain karena orang tersebut ketika beramal; antara amalan lahir dengan ruh amal
-yaitu Ikhlas hanya kepada Allah Azza wa Jalla- telah terpisah. Lantas
bagaimana amalan lahir (sebagai jasad) bisa memiliki dampak pada kepribadian
dari amalan-amalan yang dilakukan, ketika ruh (ikhlas) tidak ada?
Daripada itu, ahlul 'ilm berpendapat bahwa; sedikit ucapan
atau amal sudah cukup dan bermanfa'at ketika amalan sedikit tersebut dilakukan
dengan ikhlas. Adapun banyak amal, tidak akan memiliki manfa'at sama sekali
ketika tidak dibarengi dengan ikhlas, sama halnya debu diatas batu yang tertiup
angin (tidak memiliki atsar samasekali).
Tidakkah Gusti Allah Ta'ala telah berfirman:
}وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا
اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ}
"Dan tidaklah mereka disuruh kecuali supaya menyembah
Allah dengan ikhlas kepada-Nya dalam (menjalankan) agama"
}قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ
مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَمَنْ كَانَ
يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ
بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا}
"Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia seperti
kalian, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kalian itu
adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya,
maka hendaklah ia mengerjakan amal sholih dan tidak mempersekutukan seorangpun
dalam beribadah kepada Tuhannya".
maka hendaklah ia mengerjakan amal sholih..." amal sholih tersebutlah bentuk isyarat jasad dari tubuh
Islam. "...dan tidak mempersekutukan seorangpun dalam beribadah
kepada Tuhannya" adalah isyarat ruh Islam yaitu Ikhlas, dimana
ikhlas tersebut mencakup disemua keta'atan dalam Ibadah.
Kanjeng Nabi shollallahu alaihi wasallam telah bersabda
sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:
"Sesungguhnya Allah tidaklah 'melihat' (menilai) jasad
kalian, dan tidak pula melihat penampilan kalian, melainkan melihat hati kalian
(dalam beramal)".
Ibadallah...
Sholat, Puasa, Zakat, Haji, Berdzikir, Bersedekah dan
amalan-amalan baik yang telah diperintahkan didalam agama Islam adalah bagaikan
jasad. Dimana memerlukan ruh agar jasad dapat bermanfa'at dengan baik. Jangan
sampai pergi haji berkali-kali disetiap tahunnya, sholat, zakat, berdzikir pagi
dan sore, melakukan semua amaliyah yang telah diperintahkan oleh agama, namun
dalam bermu'amalah dengan masyarakat tidak mencerminkan kepribadian yang baik;
masih suka berbohong, korupsi, tidak menepati janji dan melakukan perkala
tercela lainnya. Orang tersebut barangkali perlu hati-hati karena amaliyahnya
tidak memiliki manfa'at bagi dirinya, disebabkan dirinya telah meninggalkan ruh
amal.
Memperbanyak amal kebaikan sangatlah penting, karena amal
kita di dunia adalah bekal kelak di akhirat. Namun perlu diperhatikan juga
bahwa banyaknya keta'atan yang dilakukan di dunia, kelak dihari kiamat tidak
akan memiliki dampak apapun ketika tidak dibarengi dengan ruh amal yaitu
ikhlas. Ikhlas berarti menjauhkan diri disaat beramal dari hawa nafsu, baik itu
berupa; pamer, ingin dipuji orang lain, serta keinginan-keinginan yang
menjauhkan seseorang dari tujuan awal semula yaitu beramal hanya untuk Allah
Ta'ala. Ketika seseorang dapat terselamatkan dari hawa nafsu tersebut, dirinya
akan terselimuti dengan nafsul muthma'innah, sehingga disaat ajal kematian
mendatanginya, Gusti Allah Azza wa Jalla menyelamatkannya:
} يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ
الْمُطْمَئِنَّةُ * ارْجِعِي إِلَى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً * فَادْخُلِي
فِي عِبَادِي * وَادْخُلِي جَنَّتِي }
"Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu
dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya. Maka masuklah kedalam jama'ah
hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam syurga-Ku."
Ibadallah...
Itulah jihad terbesar dalam hidup manusia. Gusti Allah
Ta'ala berfirman:
}وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ
جِهَادِهِ}
"Dan berjihadlah kalian pada jalan Allah dengan jihad
yang sebenar-benarnya".
Jihad dalam ayat tersebut adalah mencakup pembersihan hati
dan jiwa, mengendalikan diri dari hawa nafsu, serta benar-benar menjadikannya
bersih nan suci.
Merekalah orang-orang yang tidak menjual agama dengan dunia,
melainkan mereka menjual dunia mereka semua kejalan Allah demi meraih ridloNya.
Ketika seseorang memenuhi garis jihad terbesar -memenuhi jasad agama dengan ruh
sekaligus-, sekalipun dirinya hanya beramal sedikit, namun lantaran
dilakukannya dengan ikhlas, insya Allah dirinya tertolong karena Gusti Allah
Ta'ala telah ridlo kepadanya.
Khutbah
ke 2:
الحمد لله رب العالمين، على أنّا
محمديون والشكر لله على أنّا أحمديون وأشهد أن لا إله إلا الله الذي لا يُسأل عن
ما يفعل، ومن كرمه وحكمته أنه لا يُسأل عن ما يفعل جعل امثالنا من هذه الأمة العمر
قصير والجسد ضعيف جعلنا من أمة أعظم نبي وأعظم رسول إمام وختام عليه الصلاة
والسلام وأشهد أن سيدنا محمد رسول الله صلى الله عليه وسلم عبده ورسوله نبيه
وحبيبه، واسطة الوجود وعين مرآءة الشهود وفلك الدائرة الجلالية إنسان عين الكمال
وناموس الجمال والهادي إلى الرشاد صلّ اللهم وسلم عليه وآله وصحبه ومن سار
بدَرَبِه بدُرْبه إذ من لا دُربة له فلا دَرب له إلى يوم لقاء ربه.
أما بعد: عِبادَ الله: فإني أوصيكم
ونفسيَ بتقوى الله. فاتَّقُوا الله فيما تَسْمَعُوْنَ وما تُسْمِعُون، مما
يَصْدُرُ منكم أو تحملونه عن غيركم بأيِّ وسيلةٍ من الوسائل، وكونوا مع الفضلِ
وأرباب الفضائل، واحذروا مما ينشرُ الرذيلة، ويخرج بكم عن الطريقةِ الحميدةِ
الجميلة، واسلُكُوا مع المصطفى صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم. وأكِثروا
الصلاةَ والسلامَ على حبيب الله سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم، فهي من خيرِ ما
سمعتُم ومن خير ما أسمعتُم، فإنه من صلى عليه مرةً واحدةً صلى الله عليه بها عشرا.
وإنه القائل: إن أولى الناس بي يوم القيامة أكثرُهم عليَّ صلاة.
وإنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ
بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِه وثنَّى بملائكته المسَبِّحَة بِقُدْسِه، وأَيَّهَ
بالمؤمنين من عباده تعميماً فقال مُخْبِرَاً وآمِراً لهم تَكريما :
{إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ
يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ
وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا}
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وبارِكْ
وكَرِّم على عبدِك المصطفى سيدِنا محمد، نورِ الأنوار وسرِّ الأسرار، وعلى الخليفة
مِنْ بعده المختار، وصاحبِهِ وأنيْسِه في الغار، أهلِ الخلافة ومستحقها بالتحقيق،
إمام البركة خليفةِ رسولِ الله سيدنا أبي بكرٍ الصِّدِّيق؛ وعلى النَّاطقِ
بالصَّواب، الشهيدِ حَلِيفِ المحراب، أميرِ المؤمنين سيِّدِنا عُمَرَ بن الخطاب؛
وعلى النَّاصحِ للهِ في السِّرِّ والإعلان، مَن استحيَتْ منهُ ملائكةُ الرحمن،
أميرِ المؤمنين ذي النورين سيِّدِنا عثمانَ بن عفان؛ وعلى أخي النبيِّ المصطفى
وابنِ عَمِّه، وَوَلِيِّه وبابِ مدينةِ علمه، إمامِ أهلِ المشارق والمغارب أمير
المؤمنين سيدِنا عليِّ بن أبي طالب. وعلى الحسنِ والحسين سيِّدَيْ شبابِ أهلِ
الجنة في الجنة، وريحانَتَيْ نبيِّك بِنَصِّ السُّنَّة، وعلى أمِّهِما الحوراء
فاطمة البتول الزهراء، وعلى خديجة الكبرى وعائشةَ الرضى، وسائرِ أمهات المؤمنين،
وأولادِ النبي الأمين وعلى آل بيته وعمه الحمزة والعباس وسائر أهلِ بيتِ نبيك
الذين طهَّرْتَهُم من الدَّنَس والأرجاس، وعلى أهل بيعة العقبة وأهل بدرٍ وأهل أحد
وأهل بيعة الرضوان وسائر الصحابة الأكرمين، ومن تبعَهُم بإحسانٍ إلى يوم الدين،
وعلينا معهم وفيهم برحمتِك يا أرحمَ الراحمين.
اللهم أعِزَّ الإسلام وانصُرِ
المسلمين. اللهم أذلَّ الشركَ والمشركين. اللَّهُمَّ أَعْلِ كلمةَ المؤمنين.
اللَّهُمَّ دَمِّرْ أعداءَ الدين. اللَّهُمَّ اجْمَعْ شملَ المسلمين. اللَّهُمَّ
ألّف ذاتَ بين المؤمنين. اللَّهُمَّ اصرِفْنَا من جُمعتنا وقلوبنا عليك مجموعة،
ودعواتنا عندك مسموعة، وارزقنا الصدقَ في تقواك في الغيب والشهادة. ارزقنا حِفظ الأسماع
والأبصار، والأفئدة عما لا يرضيك في السر والإجهار، آناء الليل وأطراف النهار، حتى
تنقضي على التقوى والاستقامة منا الأعمار، وتُختَم لنا بأكمل حسن الخاتمة يا كريم
يا غفار.
اللهم عزنا بالإسلام وعزّ
بنا الإسلام اللهم عزنا بالإسلام اللهم عزنا برسول الله صلى الله عليه وسلم وبارك
وعظم ومجد واكرم. اللهم على هذا الحال فلا يُقادرنا سر الحال ولا نور الحال ولا
جوهر الحال ولا كشف الحال ولا ذوق الحال حتى نلقاك يا منزهاً عن الحال وصلي اللهم
على سيدنا محمدٍ وعلى آله وصحبه وسلم. وإستغفر الله لي ولكم.
عِبادَ الله. إنَّ اللهَ أَمَرَ
بِثَلاثٍ وَنَهَى عن ثلاث : {إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ
وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ
يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ}
فاذكروا اللهَ العظيم يذكركم،
اُشْكُرُوْهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. ولَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر. قوموا الى صلاتكم
يرحمكم الله.
Tafiq
Zubaidi