Menjaga Kekhusu'an Sholat

Menjaga Kekhusu'an Sholat

Admin
Rabu, 07 Januari 2015

Seorang yang khusyuk dalam menjalankan sholat, maka orang tersebut akan menemukan kenikmatan yang tak bisa diuraikan melalui kata-kata. Sebab hanya dia dan Allah sajalah yang mengetahui hal tersebut. Karena sholat mampu menyejukkan hati bagi mereka yang mencintai Allah dengan sungguh-sungguh dan menjahui segala laranganya. Yaitu bagi mereka ketika melakukan sholat dengan penuh ke khusyukan. Lebih dari itu, sholat merupakan hadiah dari Allah bagi mereka(hamba). Dia menunjukkan dan mengenalkannya kepada mereka melalui Rasul-Nya yang mulia. Sholat merupakan wujud dan bukti kasih sayang Allah serta penghormatan dari-Nya untuk mereka. Berkat sholat seorang hamba dapat meraih kehormatan mulia dari Allah dan menjadi orang yang di dekatkan kepada-Nya.(hlm 66).
Sholat bukan hanya gerakan anggota tubuh semata, akan tetapi seseorang yang melakukan sholat dengan penuh kekhusyukan akan menemukan berbagai rahasia. Yang mana rahasia tersebut untuk lebih mendekatkan kepada Allah semata.  Rahasia dan inti sholat ialah menghadapkan hati kepada Allah dan menghadirkan diri secara penuh di hadapan-Nya.(hlm 85)
Rahasia bacaan dan gerakan sholat salah satunya yaitu penghambaan diri melalui takbir. Seorang hamba diperintahkan untuk menghadapkan wajahnya ke kiblat (rumah-Nya) yang suci dan menghadapkan hatinya kepada Allah agar terbebas dari sikapnya selama ini yang lalai dan berpaling dari-Nya. Ia letakkan kedua tanganya dengan penuh kepatuhan sebagai seorang hamba yang mengiba dan berpasrah kepada yang Esa dan mengakui segala kesalahan yang pernah di perbuat dan minta pengampunan-Nya.
Rahasia selanjutnya yaitu doa iftitah; dengan ucapan, gerak tubuh dan pengakuan hati, seorang hamba mengucapkan doa iftitah yang diantaranya juga menegaskan kesucian Allah “Mahasuci Engkau Ya Allah dan  dengan pujian kepada-Mu. Dan kemudian ia memanjatkan pujian kepada Allah dengan pujian yang layak bagi-Nya. Dengan begitu, ia keluar dari sikap lalai dan menjauhi laku serta keadaan orang yang lalai. Sebab kelalaian merupakan tirai, bahkan dinding tebal yang menghalangi seorang hamba dari Allah.(hlm 100).
Masih banyak rahasia sholat yang mungkin belum banyak kita ketahui. Akan tetapi yang paling penting yaitu bagaimana kita bisa berusaha untuk menjadi khusyuk ketika sholat, meninggalkan segala pikiran-pikiran yang menggagu saat kita sedang menyembah pada Allah yang maha Esa. Yang memberi kehidupan bagi seluruh alam semesta. Tugas seorang hamba tidak lain yaitu hanya menyembah dan meminta pengampunan apabila melakukan kesalahan.
Dalam buku ini telah diuraikan banyak sekali seluk beluk tentang ke khusyukan sholat dan rahasia-rahasianya untuk itu, sepatutnya bagi siapa saja untuk menambah wawasan, buku ini sangat bermanfaat dan layak untuk di baca. (Penulis adalah Perintis Rumah Buku Kita)

Judul Buku      : Belajar Khusyuk
Penulis             : Izzuddin ibn Abdussalam& Ibn Qayyim al-Jauziyah
Penerbit           : Zaman
Tahun Terbit    : Pertama 2013
Tebal               : 203 hlm
ISBN               : 978-602-1687-00-0
Peresensi         : Khoirun Niam