Naharul Ijtima'' PCNU dan LTMNU Kab. Pati

Naharul Ijtima'' PCNU dan LTMNU Kab. Pati

Admin
Sabtu, 17 Mei 2014

Naharul Ijtima' merupakan forum silaturahmi, koordinasi dan konsolidasi antara pengurus dan jama'ah Nahdlatul 'Ulama yang dilaksanakan setiapsebulan sekali. Nahar artinya siang, sedangkan Ijtima' artinya pertemuan. Pertemuan ini dilaksanakan pada waktu siang hari, biasanya waktunya ba'dal jum'at.  Kegiatan Naharul Ijtima' ini sebagai pengganti tradisi Lailatul Ijtima' yang dilaksanakan pada malam hari.
Awalnya ini adalah kebiasaan para kiai yang akhirnya menjadi kebiasaan orang-orang NU atau pengurus NU. Acara ini dimanfaatkan untuk membahas, memecahkan dan mencarikan solusi atas problem organisasi, mulai masalah iuran, menghadapi Ramadlan, Tarawih, menentukan awal Ramadlan, sampai menjalar ke masalah-masalah umat yang berat.  
PCNU Kabupaten Pati bersama dengan Lembaga Takmir Masjid NU Cabang Pati memprogramkan kegiatan Naharul Ijtima' di seluruh MWC.NU se-Kabupaten Pati secara bergantian setiap bulan sekali. Rangkaian acara Naharul Ijtima’ ini diawali dengan pembacaan tahlil yang menjadi ciri khas orang NU, mengirim doa kepada arwah orang tua, para guru, semua kaum muslimin dan muslimat, khususnya para sesepuh pendiri NU yang telah wafat. kemudian dilanjutkan dengan penyampaian informasi dan program-program PCNU dan Lembaga/Lajnah, Tausyiyah dari Rais Syuriyah, dan dilanjutkan dengan Dialog/tanya jawab tentang permasalahan yang berkembang di masyarakat terkait orgaisasi NU, faham Ahlussunnah wal jama'ah, dan sebagainya.
Melalui Naharul Ijtima' ini maka pengurus NU di setiap tingkatan akan mengetahui secara langsung situasai dan kondisi organisasi serta problem yang dihadapi warga Nahdliyin.